Jpnn24

Website Berita Online Paling Update

Nasional

Jerawat Di Bokong, Inilah Penyebab Dan Cara Pengobatannya

Jerawat
Jerawat Di Bokong, Inilah Penyebab Dan Cara Pengobatannya

Jerawat Biasanya Timbul Di Wajah Ataupun Punggung, Namun Tidak Jarang Pula Timbul Di Area Bokong Walaupun Tidak Kerap Di Bicarakan. Iritasi kulit di bokong bisa memunculkan ketidaknyamanan serta rasa malu untuk sebagian orang. Perihal ini terjalin kala pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, serta kotoran. Di bokong, pori-pori dapat tersumbat sebab gesekan dari baju ketat ataupun Kerutinan duduk dalam waktu lama. Kemudian kegiatan raga yang berat ataupun pemakaian baju berolahraga yang tidak meresap keringat dengan baik bisa menimbulkan kelembapan berlebih di zona bokong. Kelembapan ini bisa merangsang perkembangan kuman serta perihal tersebut. Baju yang ketat ataupun di buat dari bahan sintetis bisa merangsang kulit serta menimbulkan perihal tersebut.

Bila kamu kenakan baju longgar serta berbahan katun yang membolehkan kulit bernapas dengan baik. Jauhi baju ketat serta bahan sintetis yang bisa menimbulkan iritasi sehingga terjadinya Jerawat tersebut. Teratur mandi serta melindungi kebersihan kulit sangat berarti. Pakai sabun yang lembut serta jauhi menyikat zona bokong secara agresif. Kemudian seleksi produk perawatan kulit yang tidak menutup pori-pori (non-komedogenik) serta jauhi pemakaian produk yang memiliki bahan kimia keras. Pakai krim ataupun lotion yang sesuai buat kulit serta menolong melindungi kelembapan tanpa menutup pori-pori. Bila membolehkan, cobalah buat berdiri ataupun bergerak secara berkala buat kurangi tekanan serta kelembapannya.

Bila Jerawat parah ataupun tidak merespon perawatan over-the-counter, konsultasikan dengan dokter. Mereka bisa jadi meresepkan obat oral ataupun krim yang lebih kokoh. Buat iritasi yang membandel, perawatan semacam pengobatan sinar ataupun laser bisa menolong menanggulangi permasalahan. Kemudian muncul di bokong bisa jadi tidak sepopuler jerawat di wajah ataupun punggung, namun senantiasa membutuhkan atensi. Dengan menguasai penyebabnya serta mempraktikkan langkah penangkalan yang pas, Kamu bisa kurangi resiko serta mengatasinya dengan lebih efisien. Bila permasalahan bersinambung, jangan ragu buat bertanya dengan handal kedokteran buat perawatan yang lebih intensif.

Penyebab Umum Terbentuknya Jerawat Di Bagian Bokong

Perihal ini merupakan permasalahan kulit yang dapat di sebabkan oleh bermacam aspek. Berikut merupakan sebagian Penyebab Umum Terbentuknya Jerawat Di Bagian Bokong:

Pori-Pori Tersumbat

Perihal ini terjalin kala pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel-sel kulit mati, serta kotoran. Di zona bokong, pori-pori dapat tersumbat akibat penimbunan sel-sel kulit mati yang tidak di bilas secara tertib. Pori-pori yang tersumbat menghasilkan area yang sempurna buat perkembangan kuman penyebabnya. Kemudian kegiatan raga yang intens ataupun pemakaian baju berolahraga yang tidak meresap keringat bisa tingkatkan kelembapan di zona bokong. Kemudian kelembapan yang kelewatan ini bisa menimbulkan iritasi kulit serta merangsang perkembangan kuman, yang berkontribusi pada munculnya perihal tersebut.

Baju Ketat serta Bahan Sintetis

Baju ketat ataupun bahan sintetis bisa menimbulkan gesekan serta iritasi kulit bokong. Perihal ini bisa menimbulkan infeksi serta pori-pori tersumbat, tingkatkan resiko iritasi. Kemudian bahan sintetis pula bisa menahan panas serta kelembapan, menghasilkan area yang menunjang perkembangan kuman. Minimnya kebersihan di zona bokong bisa menimbulkan penimbunan sel kulit mati, minyak, serta kotoran, tingkatkan resiko iritasi. Pemicu bonus iritasi bisa tercantum produk perawatan kulit yang tidak cocok.

Hormon

Fluktuasi hormon, semacam yang terjalin sepanjang haid, pubertas, ataupun tekanan pikiran, bisa pengaruhi penciptaan minyak kulit. Kenaikan penciptaan minyak ini bisa menimbulkan pori-pori tersumbat serta munculnya iritasi tersebut. Hormon pula bisa pengaruhi seberapa kilat sel-sel kulit mati terangkat. Generasi ataupun aspek genetik pula bisa berfungsi dalam kecenderungan seorang buat mengalaminya. Bila anggota keluarga Kamu mempunyai riwayatnya, Kamu bisa jadi lebih berisiko hadapi permasalahan tersebut.

Peradangan serta Infeksi Folikel Rambut

Iritasi di bokong kerap di sebabkan oleh folliculitis, ialah infeksi folikel rambut. Itu bisa terjalin sebab peradangan folikel rambut ataupun iritasi dari baju ataupun produk perawatan kulit. Kemudian diet tidak sehat serta style hidup kurang sehat semacam kurang tidur ataupun tekanan pikiran kelewatan pula bisa mempengaruhi kesehatan kulit serta merangsang permasalahan pada kulit.

Tips Pencegahan Untuk Kurangi Resiko Iritasi Kulit Di Bokong

Pada ulasan ini kami hendak menarangkan tentang Tips Pencegahan Untuk Kurangi Resiko Iritasi Kulit Di Bokong. Inilah pembahasannya:

Seleksi Baju yang Tepat

Seleksi baju yang di buat dari bahan katun ataupun bahan lain yang membolehkan kulit bernapas dengan baik. Jauhi baju ketat ataupun bahan sintetis yang bisa menahan panas serta kelembapan, dan menimbulkan gesekan yang memicunya. Kemudian jaga kebersihan kulit, mandi secara tertib dengan sabun yang lembut menolong melenyapkan kotoran, minyak, serta sel-sel kulit mati yang dapat menutup pori-pori. Seleksi produk pembersih yang tidak merangsang kulit serta cocok buat tipe kulit Kamu. Eksfoliasi kulit secara berkala buat mengangkut sel-sel kulit mati. Tetapi, yakinkan buat memakai scrub ataupun produk eksfoliasi yang lembut supaya tidak mengganggu kulit.

Jauhi Kelembapan Berlebih

Bila Kamu aktif secara raga, kenakan baju berolahraga yang di rancang buat meresap keringat serta mengeringkan kelembapan dengan kilat. Kemudian sehabis olahraga, lekas ubah baju basah serta mandi buat melenyapkan keringat. Perhatikan Kerutinan kebersihan, yakinkan buat mengubah baju yang basah akibat keringat ataupun kotoran dengan baju bersih serta kering. Ini menolong menghindari penimbunan kelembapan serta kuman di zona bokong. Seleksi Produk Perawatan yang Pas, perawatan kulit yang tidak menutup pori-pori (non-komedogenik). Kemudian jauhi produk yang memiliki bahan kimia keras yang bisa merangsang kulit. Mengurangi gesekan, bila Kamu hadapi gesekan kelewatan dari baju berolahraga, pertimbangkan buat memakai pelindung kulit ataupun bantalan yang bisa kurangi gesekan di zona bokong.

Jaga Kesehatan Umum

Diet yang sehat, lumayan tidur, serta manajemen tekanan pikiran bisa menolong melindungi kesehatan kulit secara totalitas. Kemudian mengurangi mengkonsumsi santapan besar gula serta lemak jenuh yang bisa pengaruhi kesehatan kulit. Dengan menjajaki langkah-langkah ini, Kamu bisa kurangi resiko iritasi kulit di bokong serta melindungi kesehatan kulit Kamu dengan lebih baik. Bila jerawat senantiasa timbul walaupun sudah melaksanakan langkah penangkalan, pertimbangkan buat bertanya dengan dokter ataupun pakar dermatologi.

Langkah Penyembuhan Jerawat Di Bokong Yang Efektif

Buat menyembuhkan perihal tersebut, Kamu bisa memakai sebagian tata cara yang di rancang buat kurangi infeksi, mensterilkan pori-pori, serta menanggulangi penyebabnya. Berikut merupakan Langkah Penyembuhan Jerawat Di Bokong Yang Efektif:

Krim serta Salep Topikal

Krim ataupun salep yang memiliki benzoyl peroxide bisa menolong menewaskan kuman penyebabnya serta kurangi infeksi. Oleskan pada zona yang terserang 2 kali satu hari buat hasil terbaik. Produk yang memiliki asam salisilat bisa menolong mengatasinya dengan mengelupas sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori. Kemudian pakai krim ataupun gel yang memiliki asam salisilat cocok petunjuk. Eksfoliasi, pakai scrub ataupun produk eksfoliasi yang lembut buat mengangkut sel-sel kulit mati yang bisa menutup pori-pori. Seleksi produk yang tidak sangat abrasif buat menjauhi iritasi.

Obat Resep

Antibiotik Topikal, bila iritasi kulit ini parah, dokter bisa jadi meresepkan antibiotik topikal buat kurangi kuman serta infeksi. Obat ini kerap di pakai dalam campuran dengan benzoyl peroxide ataupun asam salisilat. Kemudian retinoid topikal, semacam tretinoin, bisa menolong memesatkan pergantian sel kulit serta menghindari pori-pori tersumbat. Ini dapat jadi opsi bila krim over-the-counter tidak efisien.

Perawatan Profesional

Pengobatan sinar ataupun laser, perawatan ini bisa menolong mengatasinya dengan menewaskan kuman serta kurangi infeksi. Kemudian konsultasikan dengan dermatolog buat memastikan apakah perawatan ini sesuai buat Kamu. Dalam permasalahan ini yang sangat membandel, dokter bisa jadi merekomendasikan pengobatan hormon ataupun chemotherapy buat mengendalikan penciptaan minyak kulit serta kurangi perihal tersebut.

Langkah Tambahan

Mandi secara tertib serta ubah baju yang basah buat menjauhi penimbunan kuman. Kemudian pakai sabun yang lembut serta tidak merangsang. Jauhi menggaruk ataupun menekan, jangan menggaruk ataupun meminitnya, sebab ini bisa memperparah infeksi serta tingkatkan resiko peradangan. Bila iritasi kulit di bokong Kamu tidak kunjung membaik walaupun sudah berupaya bermacam tata cara penyembuhan, berarti buat bertanya dengan dokter ataupun pakar dermatologi buat penindakan yang lebih lanjut menimpa Jerawat.