Jpnn24

Website Berita Online Paling Update

EntertainmentTeknologi

Bahaya Melakukan Screen Time Dalam Waktu Yang Lama

Bahaya
Bahaya Melakukan Screen Time Dalam Waktu Yang Lama

Bahaya Melakukan Screen Time Dalam Waktu Yang Lama Dapat Berdampak Buruk Pada Kesehatan Tubuh Dan Juga Mental. Kemajuan dari teknologi memang membuat kita semakin mudah dalam segala urusan baik itu pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Dengan berbagai macam teknologi terutama perangkat komunikasi dan laptop yang saat ini menjadi senjata utama dalam dunia bisnis. Kemajuan semacam ini memang sangat banyak menguntungkan bagi siapa saja yang bisa memanfaatkannya. Namun untuk beberapa orang yang menggunakan teknologi secara tidak benar akan menjadikannya bom waktu. Padahal ketika kita menggunakan teknologi terutama perangkat seperti handphone dan komputer bisa sangat bermanfaat. Apalagi jika untuk di jadikan bisnis dan berbagai usaha lain yang saat ini sedang trending di internet.

Bermain gadget tentu tidak masalah selama kalian mengatur waktu dan tahu kapan untuk berhenti dari menatap layar perangkat kalian. Karena ketika kalian menatap layar atau screen time terlalu lama akan menyebabkan berbagai masalah dalam diri kalian. Walaupun tidak timbul secara langsung namun efek yang di timbulkan dari hal tersebut tidak main-main. Ketika kalian melakukan screen time dengan waktu yang sangat lama akan membuat otot mata kalian menjadi lemah. Dan bisa menyebabkan mata minus, mata kering, mata yang lelah karena otot yang terlalu lama menatap layar handphone. Cahaya biru atau biasa di sebut bluray yang di pancarkan akan menghambat produksi hormon melatonin kalian sehingga dapat mengganggu tidur kalian.

Jadi bagi kalian yang tidak bijak dalam menggunakan perangkat digital secara cermat akan sangat Bahaya bagi kesehatan tubuh. Selain dari pada itu kesehatan mental juga dapat terganggu ketika kalian terlalu lama menatap layar yang mengandung sinar biru tersebut. Belum lagi konsumsi media sosial yang dapat mempengaruhi hormon serotonin dan dopamin kalian yang meningkat pesat. Sehingga kalian akan malas melakukan aktivitas lain dan membuat kalian berada dalam pola hidup yang sangat Bahaya untuk kesehatan.

Bahaya Bermain Game Dan Sosial Media Terlalu Sering

Bahaya Bermain Game Dan Sosial Media Terlalu Sering akan membuat kalian memiliki pola hidup yang buruk. Terlalu banyak bermain game akan membuat kalian lupa waktu dan akan membuat kalian menatap layar terlalu lama. Sehingga akan berdampak pada kesehatan fisik dan juga mental kalian nantinya. Karena dengan bermain game akan membuat otak kalian bekerja tidak sebagaimana mestinya jika di paksa dalam jangka waktu yang lama. Apalagi ketika kalian bermain game tanpa henti setiap hari dalam waktu yang lama bahkan lebih dari tiga jam. Hal ini tentunya akan membuat kalian memiliki hormon yang tidak seimbang untuk melakukan aktivitas setiap harinya. Dengan kalian kecanduan bermain game akan membuat tidak fokus untuk melakukan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Apalagi ketika kalian masih seorang pelajar dan memerlukan waktu untuk belajar yang cukup. Tentunya akan membuat kalian malas untuk belajar ketika kalian terlalu banyak bermain game.

Hal yang serupa juga terjadi ketika kalian bermain sosial media terlalu lama hingga lupa waktu. Sosial media dapat meningkatkan hormon dopamin menjadi tidak seimbang yang dapat membuat kalian malas melakukan sesuatu. Selain itu bahaya dari konsumsi media sosial terlalu sering juga di dapatkan dari cahaya biru atau bluray yang terpapar pada kalian. Cahaya biru tersebut dapat mengganggu regulasi tidur kalian karena kurangnya produksi hormon melatonin ketika akan tidur. Selain itu penyakit yang dapat di timbulkan dari bermain handphone atau menatap layar terlalu lama juga bisa berdampak pada mata. Paparan cahaya biru pada layar dapat membuat mata kalian menjadi minus, kering, lelah dan gangguan lainnya.

Maka dari itu bagi kalian yang terlalu banyak melakukan screen time setiap harinya dapat mengubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Agar menghindari dari beberapa dampak buruk yang di timbulkan dari pemakaian screen time yang terlalu lama kalian konsumsi. Apalagi jika kalian melakukan sesuatu yang tidak begitu bermanfaat untuk kalian.

Cara Membatasi Waktu Screen Time Setiap Hari

Cara Membatasi Waktu Screen Time Setiap hari sebenarnya sangat mudah untuk di lakukan. Apalagi saat ini teknologi sudah bisa membantu kita untuk melihat aktivitas kita dalam satu hari di dalam layar handphone dan komputer. Sehingga aktivitas tersebut akan tercatat waktu ketika kita bermain gadget atau menatap layar handphone dan komputer. Namun hal ini tidak berlaku bagi kalian yang menonton televisi konvensional atau netflix di layar tv. Sehingga membuat kalian harus mengatur waktu sendiri untuk membatasi diri melakukan screen time setiap harinya.

Untuk tips agar tidak kecanduan dalam melakukan screen time dan menatap layar terlalu lama harus kalian lakukan dengan sungguh-sungguh. Dengan menegaskan kepada diri sendiri untuk tidak bermain handphone dan komputer di saat jam-jam tertentu. Dan juga membiasakan diri untuk tidak ketergantungan oleh media sosial dan game yang ada di handphone atau komputer kalian.

Tips lain untuk menghindari waktu screen time terlalu lama adalah dengan memperbanyak aktivitas selain dari pada gadget. Dengan kalian meluangkan waktu sosialisasi, olahraga, atau kegiatan lain akan membantu kalian untuk lepas dari kebiasaan screen time. Sehingga dapat membuat kalian dengan mudah untuk tidak ketergantungan bermain game atau sosial media dan dapat membuat hidup kalian menjadi lebih sehat.

Bahaya Bermain Sosial Media Dan Game Secara Berlebihan Pada Anak

Bahaya Bermain Sosial Media Dan Game Secara Berlebihan Pada Anak akan membuat tumbuh kembang anak dapat terganggu. Selain dari pada berbagai penyakit mata dan rasa malas yang akan di timbulkan pada anak melalui waktu screen time. Bermain sosial media dan game secara berlebihan terbukti dapat mempengaruhi perilaku dan perkembangan pada anak kalian. Sehingga perlunya mewaspadai bermain sosial media dan game secara berlebihan kepada anak kalian.

Pentingnya memiliki batasan tertentu kepada anak untuk melarang mereka bermain sosial media dan game sangat penting. Agar masa kecil mereka tidak terkontaminasi oleh gadget dan sosial media yang membuat mereka kecanduan. Penyebab dari berbagai kegagalan mendidik anak juga bisa terjadi karena faktor tersebut yang membuat anak menjadi malas melakukan aktivitasnya. Seorang anak harus bermain sesuai dengan usia yang seharusnya dan mengenal sesuatu secara langsung dan bukan dari internet. Padahal ketika kalian memberikan akses gadget kepada anak akan lebih banyak dampak buruk yang di hasilkan dari pada hal yang positifnya. Kebanyakan ibu pada saat ini mengambil jalan pintas untuk merawat anak pada usia dini dengan memberikan gadget. Padahal pendidikan yang baik adalah dengan tanpa gadget agar anak dapat mengasah insting dan fisiknya menjadi kuat jika bermain di luar. Sehingga sangat penting bagi orang tua agar menjauhkan gadget pada anak di usia dini yang dapat menjadi Bahaya.