Jpnn24

Website Berita Online Paling Update

Uncategorized

Hal Yang Di Persiapkan Saat Pergi Jauh Menggunakan Mobil

Hal Yang Di Persiapkan Saat Pergi Jauh Menggunakan Mobil
Hal Yang Di Persiapkan Saat Pergi Jauh Menggunakan Mobil

Hal Yang Harus Di Persiapkan Saat Pergi Jauh Menggunakan Mobil Harus Di Perhatikan Untuk Menghindari Hal Yang Tidak Ingin Terjadi. Mobil adalah kendaraan roda empat yang bisa di miliki pribadi. Banyak jenis mobil pribadi yang cocok di gunakan untuk bepergian jauh. Biasanya orang memilih mobil yang cukup untuk keluarga. Selain itu mobil yang nyaman juga menjadi pilihan saat membeli mobil. Jenis mobil di pasaran sekarang sangat banyak. Baik yang mobil pembakaran dalam atau yang biasa di kenal mobil menggunakan bahan bakar minyak. Atau mobil listrik yang pengisiannya hanya dengan di cas saja. Hendaknya sebelum membeli mobil sesuaikan dengan keperluan untuk apa Anda membeli mobil.

Melakukan perjalanan jauh dengan mobil pribadi, masih menjadi pilihan banyak orang. Baik untuk bepergian jauh yaitu mudik atau road trip. Ini di karenakan dengan alasan lebih hemat, praktis, dan nyaman bepergian jauh dengan menggunakan mobil sendiri. Selain itu aktivitas ini di nilai lebih seru dan menyenangkan jika menggunakan mobil pribadi. Apalagi bepergian jauh dengan membawa keluarga atau pun sendiri mengendarai mobil pribadinya. Agar tujuan bepergian jauh mengguanakan mobil pribadi tidak terganggu dengan hal buruk yang tidak di harapkan terjadi, penting sekali untuk memeriksa atau mengecek kesehatan mobil yang henak di gunakan. Agar perjalanan tetap aman dan nyaman.

Hal yang tidak ingin terjadi tentunya bisa saja mobil mogok di tengah jalan. Apalagi jika Anda membawa keluarga, bisa di bayangkan betapa repotnya jika mobil yang Anda kendarai mogok di tengah jalan. Pastinya juga akan mengganggu kesenangan dan keseruan perjalanan Anda dan sekeluarga. Maka dari itu baiknya untuk mengecek atau melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh tersebut. Selain itu, di harapkan perjalan jauh yang di lakukan lebih aman jika kesehatan dari mobil yang di kendarai di persiapkan terlebih dahulu.

Hal Yang Harus Di Persiapkan Untuk Mobil Jika Perjalanan Jauh

Hal Yang Harus Di Persiapkan Untuk Mobil Jika Perjalanan Jauh harus di perhatikan sedemikian rupa. Agar perjalanan tetap nyaman, tentu harus di cek terlebih dahulu beberapa komponen penting dari mobil yang hendak di gunakan. Selain persiapan fisik untuk yang menyetir sendiri, Anda juga wajib mengecek kondisi mobil ahar terhindar dari bahaya. Selanjutnya kita akan bahas apa saja komponen yang harus di persiapkan sebelum bepergian jauh menggunakan mobil.

  1. Cek Kesehatan Ban Mobil
    Baik untuk di cek terlebih dahulu yaitu kesehatan ban mobil. Tekanan angin dan kondisi fisik dari ban harus di periksa untuk menjamin keselamatan. Ban dengan tekanan angin yang tepat tidak hanya memperpanjang usia pakai, namun dapat memastikan mobil berjalan dengan lancar dan hemat bahan bakar. Tekanan ban tiap merk mobil berbeda – beda, tapi idealnya tekanan pada ban yaitu 30 – 34 psi. Kondisi fisik ban juga harus di perhatikan, apakah ban sudah aus atau ada retakan. Ban yang sudah aus berisiko membuat mobil menjadi tidak stabil, terutama ketika berkendaa di jalan yang licin atau basah.
  2. Periksa Air Radiator
    Hal yang harus di cek sebelum bepergian dengan mobil pribadi adalah pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level. Tidak perlu terlalu penuh, asalkan sudah di batasnya saja. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir. Jika selang terlihat menggelembung atau retak, segera ganti untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Periksa juga sambungan selang ke mesin dan ke rasiaotr cukup kencang dan tidak bocor. Hal in di pastikan agar terhindar mobil terjadi mogok.
  3.  Perhatikan Selang Bensin
    Periksa selang bahan bakar, pastikan tidak mengalami keretakan atau kebocoran. Kemudian periksa juga filter bensin tidak tersumbat. Sebaiknya lakukan service berkala agar hal ini terhindar terjadi.

4. Periksa Oli Mesin Dalam Keadaan Baik

Perhatikan oli mesin mobil Anda. Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Untuk mengecek oli mesin di volume yang tepat adalah pastikan level oli harus berada di garis antara tanda L dan F. Jika oli yang di pakai tidak rutin di periksa, maka yang terjadi adalah memicu kerusakan yang serius dan mengurangi usia pakai mobil. Periksa Oli Mesin Dalam Keadaan Baik, karena oli berperan dalam melumasi mesin dan mencegah gesekan antar komponen mesin.

5. Periksa Rem Mobil

Pastikan sistem rem mobil berfungsi baik dan optimal adalah hal yang penting sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil. Sistem pengereman yang baik sangat berguna untuk menghentikan mobil dalam situasi darurat. Cara periksa kesehatan mobil dapat dengan cara mendengarkan suara yang mungkin muncul saat pedal rem di injak. Jika terdengar suara gemeretak, gesekan, atau berdecit, itu tandanya bahwa kampas ren mobil sudah aus atau ada masalah lainnya.  Bawalah mobil ke bengkel jika di rasa rem mobil tidak memungkinkan atau meragukan. Perlu di ingat dan di perhatikan, sistem pengereman yang baik adalah jaminan keselamatan utama dalam perjalanan. Jangan sesekali menyepelekan masalah rem.

6. Periksa Lampu Mobil

Memeriksa lampu mobil adalah komponen yang tidak boleh di lewatkan. Karena lampu mobil sangat membantu untuk melihat jalan dan lingkungan sekitar. Selain itu, lampu mobil juga dapat membantu pengendara lain melihat mobil Anda. Lampu yang berfungsi normal merupakan aspek penting dari keselamatan berkendara. Dan dapat meminimalkan risiko kecelakaan. Maka dari itu, sebelum mulai perjalanan jauh, pastikan lampu mobil berfungsi dengan baik. Baik lampu depan maupun lampu belakang. Di pastikan juga seluruh lampu indikator di dalam mobil juga berfungsi sebagaimana dengan fungsinya. Agar jika ada masalah yang terjadi di mesin atau ban, Anda dapat mengetahuinya tanpa harus di cek satu persatu. Lampu yang berfungsi dengan baik adalah aspek penting dari keselamatan berkendara dan dapat juga meminimalkan risiko kecelakaan.

7.  Periksa Wiper Berfungsi Dengan Baik

Komponen lainnya yang harus di periksa adalah Periksa Wiper Berfungsi Dengan Baik. Saat cuaca buruk peran wiper sangat penting untuk menjaga visibilitas selama berkendara. Wiper yang berfungsi dengan baik dapat membersihkan kaca dari air hujan dan kotoran. Sehingga memungkinkan untuk melihat jalan lebih jelas. Jika karet wiper rusak atau aus, maka komponen ini tidak dapat membersihkan kaca depan mobil dengan efektif. Wiper perlu di ganti secepatnya jika terjadi masalah di dalamnya.

8. Cek Kesehatan Aki Mobil

Aki atau baterai tidak hanya menyediakan tegangan listrik yang di butuhkan untuk menghidupkan mesin, tapi juga menyuplai daya ke perangkat elektronik lainnya serta menstabilkan tegangan listrik saat kendaraan berjalan. Ketika aki lemah maka akan timbul masalah serius.

Ini adalah komponen yang di perhatikan untuk persiapan jika hendak perjalanan jauh menggunakan mobil dan Hal Yang.