Jpnn24

Website Berita Online Paling Update

Daerah

Pura Terindah Bali Yang Sangat Populer Sebagai Destinasi Wisata

Pura Terindah Bali Yang Sangat Populer Sebagai Destinasi Wisata
Pura Terindah Bali Yang Sangat Populer Sebagai Destinasi Wisata

Pura Terindah Bali Yang Sangat Populer Berikut Ini Sering Di Jadikan Sebagai Destinasi Wisata Wajib Saat Berkunjung Ke Bali. Pulau Bali merupakan salah satu Pulau yang sangat populer di dunia karena keindahannya. Provinsi Bali juga memiliki banyak pulau lain di sekitarnya seperti Pulau Nusa Penida, Pulau Serangan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Nusa Lembongan dan masih banyak pulau lainnya di provinsi Bali. Selain itu Pulau Bali juga terkenal akan keindahan panorama alamnya serta kekayaan budayanya.

Pulau Bali selain terkenal dengan sebutan Pulau Dewata juga di kenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura. Terdapat banyak sekali pura di pulau ini yang biasanya di pakai para masyarakat Bali yang beragama Hindu untuk beribadah. Tidak heran jika banyak sekali pura di Bali karena mayoritas penduduk Bali memeluk agama Hindu. Meskipun lebih sering di pakai untuk beribadah, terdapat sejumlah pura yang di buka bagi turis yang ingin mengetahui tradisi Bali dan Hindu lebih dalam. Akan tetapi perlu di ingat saat kita mengunjungi pura di Bali kita harus senantiasa menjaga sopan santun dan menghormati tradisi dan aturan di dalam pura. Biasanya para tour guide akan mewajibkan para wisatawan untuk merendahkan suara dan memakai pakaian yang tertutup. Hal ini di karenakan adanya sejumlah umat Hindu yang sedang beribadah di dalam pura.

Pura-pura terindah di Bali juga telah banyak yang di jadikan sebagai salah satu ikon Indonesia. Salah satunya adalah Pura Ulun Danu Bratan yang di jadikan gambar di dalam uang pecahan Rp50.000. Kemudian beberapa pura di Bali juga mengadakan acara seni seperti tari Kecak yang di adakan di Pura Uluwatu yang sangat terkenal. Jika biasanya kita akan bersantai di beach bar, berburu kuliner, serta menikmati wisata alam di Bali, cobalah untuk menjelajahi pura-pura indah di Bali yang sangat kental akan budaya dan spiritual.

Destinasi Wisata Pura Terindah Di Bali

Berikut merupakan beberapa Destinasi Wisata Pura Terindah Di Bali.

1. Pura Tanah Lot

Berwisata ke Bali tidak lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke Pura Tanah Lot. Pasalnya Pura Tanah Lot ini di dirikan di atas sebuah batu karang yang berada di pantai. Agar kita dapat berkunjung ke pura ini, kita harus berpijak pada batuan karang yang saat laut sedang pasang akan menghilang. Hal inilah yang sangat menarik dan tentunya semakin menimbulkan kesan yang sangat berbeda jika di bandingkan dengan pura-pura lainnya di Bali. Kemudian di ketahui bahwa pura ini di bangun pada abad kelima belas.

2. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu adalah satu pura yang sangat populer di Pulau Dewata ini. Bangunan pura ini di dirikan di atas sebuah tebing yang tingginya mencapai 70 meter dan berbatasan langsung dengan lautan yang sangat indah. Deburan ombak akan selalu menemani kita saat kita berkunjung ke pura yang satu ini sehingga akan terasa sangat tentram. Biasanya waktu paling baik untuk menikmati keindahan Pura Uluwatu adalah saat sunset atau sebelum matahari terbenam. Pasalnya pemandangan sunset akan sangat memukau jika di lihat dari Pura Uluwatu. Kemudian di sekitar Pura Uluwatu kita akan menemui amphithatre yang sering di pakai untuk pertunjukan Tari Kecak atau Sendratari Ramayana. Pertunjukan yang kaya akan budaya ini pastinya akan membuat pengalaman kita saat berkunjung ke Bali menjadi sangat berkesan dan tidak akan terlupakan.

3. Pura Goa Gajah

Pura selanjutnya yang sangat indah di Pulau Bali adalah Pura Goa Gajah. Bangunan Pura Goa Gajah memiliki pintu masuk yang mengarah ke perut bumi yang sangat memukau. Tempat ini ternyata juga masuk ke dalam salah satu website Arkeologi Indonesia. Di pura ini terdapat pahatan alami yang berasal dari bebatuan yang sangat indah dan unik serta siap menyambut para wisatawan dan umat Hindu yang ingin beribadah. Kemudian akan tampak juga sekelompok kelelawar yang menguni pura ini,

4. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur ternyata adalah pura paling tinggi di Pulau Bali. Hal ini di karenakan pura ini terletak di atas lahan yang tingginya mencapai 1.175 meter di atas permukaan laut. Di ketahui bahwa pura ini di dirikan pada abad ke 8 dan merupakan satu dari enam pura di Pulau Dewata yang di jadikan sebagai tempat persembahan kepada Dewa Sang Hyang Widi Wasa. Kemudian di bagian puncak Pura Lempuyang Luhur kita akan terpesona dengan adanya gapura tinggi yang seolah-olah sedang mengapit Gunung Agung. Tak heran jika Pura Lempuyang Luhur menjadi sangat populer di kalangan wisatawan seluruh dunia.

5. Pura Saraswati

Pura Saraswati berada di kawasan Ubud dan di dirikan sebagai wujud penghormatan terhadap Dewi Saraswati. Dewi Saraswati merupakan dewi seni dan ilmu pengetahuan. Sesuai dengan tujuan tersebut, pura ini di desain dengan sangat indah serta di hiasi dengan kolam air yang berisi ribuan bunga teratai. Setiap dinding di Pura Saraswati juga di hiasi dengan ukiran-ukiran yang di buat oleh para seniman di Bali. Maka dari itu Pura Saraswati merupakan pura yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

6. Pura Taman Ayun

Pura ini ternyata sudah berumur lebih dari empat abad karena di bangun pada tahun 1634. Bangunan pura ini sangat terkenal dengan adanya kolam teratai yang mengelilinginya. Selain dapat menikmati atmosfer yang sangat tenang di Pura Taman Ayun, kita juga dapat berkunjung ke Museum Manusia Yadnya. Di museum ini terdapat berbagai informasi tentang semua prosesi upacara adat yang menjadi tradisi umat Hindu di Bali.

7. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Terindah selanjutnya di Pulau Seribu Pura ini adalah Pura Ulun Danu Bratan yang terletak di daerah dataran tinggi Bedugul. Tempat peribadatan ini di dirikan tepat di tepi Danau yang jernih sehingga saat kita berkunjung ke pura ini kita akan merasakan atmosfer yang sangat menenangkan. Kemudian pura ini juga di kelilingi oleh pegunungan hijau yang di selimuti awan putih yang sangat memukau. Karena keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, tak heran jika Pura Terindah ini pernah menjadi ikon yang terdapat di mata uang rupiah.

Kita dapat mengelilingi Danau Bratan dengan menggunakan perahu yang di sediakan oleh pemerintah setempat. Hal ini akan semakin menambah pengalaman berwisata yang sangat seru dan tidak terlupakan. Jangan lupa untuk membawa jaket ke wilayah pura tersebut karena hawanya yang sangat sejuk.

8. Pura Tirta Empul

Selanjutnya terdapat Pura Tirta Empul yang menjadi pura terindah selanjutnya dan terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pura ini juga memiliki usia yang cukup tua karena di bangun pada abad ke sepuluh dan sekarang telah di akui sebagai satu di antara banyaknya warisan budaya Indonesia. Bangunan Pura Tirta Empul semakin menarik wisatawan karena adanya mata air yang akan mengalir sampai ke kolam pemandian. Di sana kita juga dapat mengikuti ritual penyucian diri yang menjadi tradisi masyarakat Bali yaitu melukat. Selain berkunjung ke kolam pemandiannya, kita juga dapat berkunjung ke tempat yang di namai dengan jeroan untuk beristirahat sejenak. Kawasan yang di sebut dengan jeroan ini juga sering di pakai untuk acara keagaamaan oleh pemeluk agama Hindu di Bali.

Itu dia beberapa Pura Terindah Bali yang dapat di jadikan sebagai destinasi wisata saat berkunjung ke Pulau Dewata. Pastikan kamu tidak melewati pesona dari berbagai keindahan alam saat mengunjungi Pulau Bali serta menjelajahi Pura Terindah Bali.